Wednesday, 12 December 2018

Cara Menghilangkan Bosan Saat Belajar Bahasa Inggris




Loading...
Kasus bosan dalam belajar memang menjadi sesuatu yang lumrah. Itu pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Tidak peduli apapun pelajarannya, pasti rasa bosan akan tetap menghampiri. Salah satunya ketika kalian ingin belajar bahasa Inggris.

Rasa bosan memang dirasakan setiap pelajar. Bahkan bukan hanya pelajar saja, mereka yang bekerja pun pasti pernah mengalami kebosanan dalam berbagai hal.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara agar saat kalian belajar bahasa Inggris tidak mudah bosan.

1.    Tempat Belajar

Terkadang tempat belajar yang kita pakai sangat mempengaruhi kenyamanan kita bukan. Apalagi untuk belajar tentang bahasa Inggris yang notabennya sulit. Disini mengapa saya berbicara mengenai tempat belajar?

Karena, biasanya, tempat yang sama akan membuat kita cepat bosan. Baik bosan dengan pemandangannya, suasananya, wanginya dan lain sebagainya. Kita pasti membutuhkan pemandangan yang baru bukan untuk mendongkrak semangat belajar kita.

Lantas, tempat seperti apa yang pas dan cocok untuk belajar bahasa Inggris?

Menghilangkan Bosan Saat Belajar

Banyak sekali tempat sebenarnya yang bisa kalian gunakan. Salah satunya adalah taman. Mengapa taman?. Taman merupakan salah satu tempat yang cocok bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris.

Selain suasananya tidak terlalu sepi, disana juga kalian akan melihat berbagai macam prilaku yang kemungkinan besar bisa kalian jadikan objek untuk bahan pembelajaran bahasa Inggris kalian.

Kosa kata pun mungkin akan bertambah, karena banyak sekali objek yang akan kalian temukan.

Dengan berpindah tempat ini, kalian akan terbebas sedikitnya dari ruangan yang biasa kalian pakai untuk mempelajari materi.

Ini juga dapat membantu mata serta otak kalian agar kembali lebih fresh seperti semangat yang baru lahir. Untuk itulah, apabila kalian sudah mulai bosan, segeralah mencari tempat yang pas untuk membangkitkan semangat kalian.

Tempat lain yang nyaman untuk belajar bahasa Inggris: Tempat Wisata, Taman,  Cafe, Perpusatakaan dan lain sebagainya.

2.    Media

Selain tempat belajar, kalian juga perlu memikirkan hal lainnya. Terkadang bosan bisa muncul karena metode belajar yang sangat monoton. Sehingga itu semua membuat kita menjadi malas. Dalam kategori ini, kalian harus mencari jalan keluarnya.

Salah satu yang bisa kalian lakukan adalah mengganti metode pembelajaran kalian. Banyak cara untuk melakukan hal ini, seperti menggunakan video, aplikasi dan game. Karena belajar tidaklah harus selalu didepan buku.

Gunakanlah media yang menurut kalian sesuai dengan kenyamanan kalian. Semua orang tentu berbeda-beda. Ada yang nyaman hanya dengan mendengarkan suara atau juga ada yang sambil melihat klip video.

Semuanya itu tergantung selera. Yang terpenting tujuan kalian adalah menghilangkan rasa bosan dan membangun kembali semangat belajar kalian.

Saat ini banyak sekali media yang dapat dijadikan teman untuk belajar, seperti halnya internet dengan segudang informasi didalamnya.

3.    Kelompok Belajar

Belajar memang melelahkan, belajar memang cepat bosan. Itu semua sudah menjadi hal lumrah dalam setiap orang.

Tahukah kalian, bahwa mereka yang bosan belajar sebagian besar karena tidak ada teman atau grup untuk berdiskusi?

Hal ini memang benar adanya. Disini saya tidak menyalahkan orang yang belajar sendiri dirumah. Hanya saja disini saya membahas hal kebosanannya. Rasa bosan belajar timbul karena tidak adanya interaksi yang dilakukan.

Menghilangkan Bosan Saat Belajar

Apalagi untuk belajar bahasa Inggris yang mana harus lebih banyak praktek ketimbang pemaparannya. Belajar bahasa Inggris memang lebih baik dilakukan oleh suatu grup, baik itu beranggotakan 4-5 orang.

Tujuannya untuk meningkatkan dengan cepat kemampuan kita serta mengalahkan rasa bosan dan malas. Mungkin kalian pernah berniat untuk belajar bahasa Inggris, tapi lambat laun kalian merasakan malas yang berkepanjangan.

Bisa dikatakan bahwa itu adalah gejala yang bisa disebabkan tidak adanya interaksi yang dilakukan dalam pembelajaran.

Selama apapun kalian mencoba belajar bahasa Inggris, seandainya tidak diiringi dengan interaksi akan tidak maksimal hasil yang didapatkan.

4.    Manajemen Waktu

Belajar memang sangat menguras tenaga serta pikiran. Oleh sebab itu, kalian harus mahir untuk membagi waktu belajar dengan istirahat kalian.

Mengatur jadwal belajar memng harus dilakukan. Selain membuat kita tidak mudah lelah, ternyata dapat membuat tidak cepat bosan.

Manajemen waktu yang baik akan membuat belajar kalian menjadi lebih nyaman. Terutama menghafal kosa kata bahasa Inggris dan grammar yang terbilang sulit.

Tentu itu harus memiliki porsis yang pas untuk mempelajarinya.

Untuk menghindari rasa bosan, usahakan jangan terlalu lama dalam hal belajar. Karena itu dapat menyebabkan ilmu yang kita pelajari tidak akan kita kuasai karena sulit untuk dipahami.

Waktu yang lama juga dapat membuat kalian mudah lelah.

Belajar bahasa Inggris tidak harus secepat kilat. Tetapi lakukanlah sesuai porsi yang kalian sanggup. Jangan terlalu memikirkan ingin cepat mahir terlebih dahulu. Tapi pikirkanlah jadwal yang sesuai dengan kenyamanan diri kita.,

Waktu yang pas untuk mempelajari ilmunya menurut saya adalah saat pagi hari. Perbanyak membaca dipagi hari. Otak dan pikiran masih jernih sehingga mudah untuk mempelajari sesuatu.

Selanjutnya, evaluasilah ketika malam hari mengenai apa yang dipelajari pagi atau sore hari. Jadi setiap hari kalian akan mengetahui kemampuan otak pada diri kalian masing-masing.

Aturlah waktu belajar yang sesuai dengan kemampuan diri kalian dan kurangilah waktu belajar kalian apabila kalian tidak sanggup memahaminya.

5.    Jangan Takut Membuat Kesalahan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Ini juga berlaku bagi kalian yang sedang belajar bahasa Inggris. Tanpa kesalahan, kita kemungkinan akan masuk ke jalur yang sama bukan. Oleh sebab itu, membuat kesalahan adalah hal yang biasa.

Sebagian pelajar malas dan bosan belajar bahasa Inggris dikarenakan mereka selalu salah. Padahal, yang namanya belajar, kesalahan pasti akan selalu terdengar. Bahkan ini juga berlaku pada profesor yang terkenal sekali pun.

Rasa bosan dan malas akan timbul pada diri mereka yang selalu takut akan kesalahan. Usahakan, hal ini jangan berlaku bagi diri kita.

Karena, semua usaha yang dilakukan secara serius pasti akan membuahkan hasil.

Saya pun dalam belajar bahasa Inggris sering sekali melakukan kesalahan, baik pada grammar maupun kosa katanya. Tapi semua itu tidak membuat saya bosan apalagi malas untuk belajar bahasa Inggris.

Malahan, dengan adanya kesalahan, saya dapat memperbaikinya dan menjadi ilmu baru untuk kedepannya.

Jangan pernah jadikan kesalahan sebagai alasan untuk malas-malasan belajar. Seharusnya jadikan motivasi untuk lebih baik lagi.

Nah, itu poin - poin yang mungkin saya bisa sampaikan. Seandainya ada masukan dan saran, tentu saya akan menerima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat bagi mereka yang ingin tidak bosan untuk belajar bahasa Inggris.



Loading...
Latest
Next Post

post written by:

1 comment: