Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Dengan Benar Bagi Freshgraduate

Curriculum Vitae atau yang sering kita kenal dengan sebutan CV, merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi kalian yang akan melamar pekerjaan pertama. Dokumen ini adalah hal yang pertama yang dilihat oleh pihak HRD perusahaan.

Biasanya CV itu adalah dokumen yang menjelaskan mengenai informasi diri kita. Dari mulai nama lengkap, alamat rumah, no telepon hingga riwayat pendidikan dan pelatihan. Dalam hal ini, banyak dari mereka yang masih kebingungan dalam membuat CV yang benar.

Disini, kita akan memberikan penjelasan mengenai permasalahan tersebut. Karena saya pun termasuk dari salah satu orang yang pada saat itu sulit juga dalam membuat CV yang baik.

Poin Penting Dalam Membuat CV 

  1   Info Kontak


Hal utama dari CV adalah info data diri. Disini kalian harus benar-benar mengisi dengan sejelas mungkin tentang diri kalian. Salah satunya adalah kontak. Kontak yang tercantum dalam dokumen CV kalian haruslah yang aktif. 

Serta jangan lupa juga untuk menuliskan e-mail. Biasanya beberapa perusahaan juga akan menggunakan e-mail sebagai media perekrutan serta pengumuman tes calon karyawannya. Disini sangat disarankan menggunakan e-mail yang selalu kalian gunakan setiap hari.

Dalam beberapa kasus sering ditemukan bahwa banyak dari sebagian calon karyawan tidak terpanggil bukan karena tidak sesuai, tetapi dikarenakan kontak yang sulit dihubungi oleh pihak HRD perusahaan.


  2   Riwayat Pekerjaan

Riwayat pekerjaan merupakan hal yang tidak boleh kalian lewatkan untuk diceritakan atau ditulis dalam dokumen CV kalian. Tetapi, apabila kalian seorang fresgraduate, tentunya kalian akan kebingungan bukan untuk menuliskan apa.

Bagi seorang freshgraduate, kalian bisa menuliskan hal yang pernah kalian lakukan saat OJT (On Job Training). Karena itu juga merupakan dari bagian riwayat pekerjaan. selain itu, kalian pun bisa menuliskan projek apa yang pernah kalian lakukan dan hal lainnya yang memang pantas untuk dilampirkan dalam dokumen tersebut.

Apabila kalian seorang experienced, tentu kalian bisa menuliskan semua riwayat pekerjaan kalian dengan berurutan. Karena HRD perusahaan biasanya sangat suka dengan calon karyawan yang memiliki banyak karyawan.

Uraikanlah pekerjaan dengan singkat dan jelas. Tidak usah terlalu panjang lebar. Sebab, HRD hanya akan melihat mengenai jabatan serta bagian jobdesnya saja. 

  3   Pendidikan dan Kualifikasi

Kalian harus menuliskan riwayat pendidikan kalian dengan jelas. Pendidikan mulai dari kalian SD hingga perguruan tinggi seandainya kalian kuliah. Jangan lupa juga menuliskan jurusan pendidikan kalian. Misalnya IPS, IPA dan lain sebagainya.

Seandainya itu sudah kalian tulis didalam dokumen CV kalian, selanjutnya kalian dapat menuliskan hal-hal yang kalian kuasai dengan baik. Kemampuan kalian misalnya, seperti Corel Draw, Internet dan sebagainya.

Apabila kalian ingin melamar ke perusahaan sebagai designer, kalian tentu tuliskan kemampuan tentang hal editing baik itu menggunakan software atau tidak. Karena, apbila menuliskan kemampuan sesuai kebutuhan perusahaan, akan lebih cepat untuk mendapatkan panggilan interview.

  4   Bahasa Aktif

Dalam menuliskan CV yang benar, kalian tentu harus menggunakan tata bahasa yang baik bukan. Terkadang kita melihat bahwa CV hanya sekedar menuliskan tentang informasi data diri saja.

Walaupun tujuan CV memang untuk memperkenalkan diri kita kepada perusahaan, tapi kalian harus tahu, bahwa pembahasan atau gaya bahasa kita juga harus baik. Pada dasarnya perusahaan akan lebih suka dengan kalimat-kalimat pendek dan yang tidak mengulangi informasi.

  5   Informasi yang Valid

Jangan pernah kalian mencoba untuk memberikan informasi yang tidak benar pada CV kalian. Karena lambat laun perusahaan akan mengetahuinya saat kalian interview. Biasanya kasus ini terjadi karena kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Informasi yang tidak benar juga akan memberikan dampak tidak baik bagi diri kalian. Selain mengurangi kredibilitas kalian itu juga akan berdampak pada kebiasaan kalian untuk berbohong akan hal penting seperti ini.

Berikanlan informasi apa adanya kepada pihak perusahaan. Itu jauh lebih baik ketimbang kalian membohongi diri kalian sendiri. Perusahaan akan lebih memilih mereka yang jujur daripada yang memiliki kemampuan tinggi tetapi tidak jujur.

Semua tips tersebut harus kalian lakukan saat kalian membuat CV. Dengan informasi yang jelas serta pembawaan yang enak, kemungkinan besar pihak perusahaan akan segera memanggil kalian untuk tahap interview.

Semoga tips ini dapat berguna bagi kalian yang merasa sulit bagaimana cara membuat CV yang baik. 

0 Response to "Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Dengan Benar Bagi Freshgraduate"

Post a Comment