Friday, 13 July 2018

Sebelum Menulis Proposal Penelitian, Inilah Hal Yang Harus Kamu Ketahui



Menulis proposal penelitian adalah upaya utama dalam semua studi pascasarjana. Ketika melakukan proyek penelitian di tingkat pascasarjana, proposal penelitian adalah prasyarat, di mana melayani peran penting dalam menentukan kelayakan proyek penelitian.

Proposal penelitian melayani fungsi-fungsi diantaranya;

  1. Penting untuk meyakinkan komite pengawas bahwa proyek penelitian kamu layak untuk diikuti. Dapat dibilang, memang benar bahwa proposal penelitian mencerminkan seberapa bagus atau buruknya sebuah proyek penelitian.
  2. Ini adalah alat yang digunakan untuk membantu para sarjana melakukan riset pendahuluan yang mendalam. Menulis proposal penelitian sangat penting untuk memastikan bahwa para sarjana melakukan penelitian yang memadai mengenai suatu topik yang diminati dalam upaya untuk menentukan seberapa layaknya penelitian tersebut.
  3. Proposal penelitian penting dalam menyoroti isu-isu mendasar yang terkandung dalam proyek penelitian dengan menyediakan analisis yang luas dari topik penelitian serta proses penelitian.
  4. Proposal penelitian memainkan peran penting dalam mengamankan pendanaan yang diperlukan dalam melakukan penelitian. Proposal penelitian yang ditulis dengan baik adalah perbedaan antara keberhasilan dalam mengamankan dana penelitian dan kegagalan.
proposal penelitian

Elemen kunci


Proposal penelitian yang baik dapat didefinisikan oleh banyak elemen. Elemen-elemen tersebut termasuk:

Ini harus menjawab pertanyaan mendasar
Proposal penelitian harus menjawab berbagai pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini termasuk;
  • apa yang ingin kamu lakukan
  • waktu yang dibutuhkan
  • pendanaan yang diperlukan
  • dampak penelitian yang dimaksudkan
  • apa yang telah dicakup dalam bidang penelitian kamu yang menarik
  • dan evaluasi hasilnya

Proposal penelitian harus memiliki konten yang tepat
Ini berarti harus objektif, jelas, dan realistis dalam tujuannya. Tujuannya harus ditetapkan dengan baik dan dibenarkan secara efektif. Kamu harus mengatasi manfaat yang akan direalisasikan dari proyek penelitian.

Ketika menulis proposal penelitian, gaya yang tepat harus digunakan
Ini mengharuskan kamu menggunakan teks terstruktur, berbagai kalimat panjang, menggambar pada paragraf pendek, dan menggunakan diagram atau gambar jika diperlukan.

Struktur


Struktur proposal penelitian dapat bervariasi berdasarkan persyaratan oleh lembaga yang berbeda; namun, proposal penelitian kontemporer dapat mencakup beberapa bagian ini.

Abstrak
Harus singkat dan mencakup elemen kunci dari proposal penelitian termasuk pertanyaan penelitian, hipotesis, metodologi, dan temuan.

Pendahuluan
Ini harus memberikan latar belakang masalah penelitian. Latar belakang harus menetapkan apa yang membuat penelitian itu penting atau perlu.

Tinjauan Literatur
Tinjauan pustaka harus cukup luas untuk memastikan bahwa itu mencakup semua studi sebelumnya pada topik untuk menghindari pengulangan.

Metode
Ini harus menjelaskan bagaimana masalah penelitian akan dijawab. Ini mencakup rencana kerja penelitian dan kegiatan masing-masing.

Hasil
Ini harus menyoroti data yang ingin kamu kumpulkan dalam proyek penelitian. 


EmoticonEmoticon