Manfaat Mendidik Anak Dengan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Pentingkah mendidik anak dengan pengetahuan agama?

Mendidik anak merupakan salah satu kewajiban bagi kedua orang tua. Pendidikan juga sangat diperlukan untuk dapat mengetahui kelebihan atau bakat si anak. Dalam hal ini, mendidik dengan pengetahuan agama sangatlah diharuskan.

Pengetahuan agama memang menjadi salah satu faktor yang dapat membuat karakteristik anak selain dari lingkungan. Walaupun anak sulit memahaminya, akan tetapi manfaatnya akan terlihat saat ia dewasa nanti.

manfaat mendidik anak dengan agama

Apabila orang tua mendidik anak dengan pengetahuan agama, apakah ada manfaatnya?

Tentu saja ada, malahan banyak sekali manfaat yang akan orang tua rasakan, juga yang si anak rasakan. Inilah beberapa manfaat mendidik anak dengan pengetahuan agama sejak dini;

Mengetahui apa yang benar dan salah

Salah satu manfaat mendidik anak dengan pengetahuan agama adalah, si anak dapat mengetahui perbuatan baik dan perbuatan yang tidak baik. Konteks ini mengacu kepada prilaku si anak. Anak akan menjadi seseorang yang berfikir sebelum bertindak. 

Apabila hal yang akan ia lakukan itu merugikan atau tidak baik, ia akan meninggalkannya, sedangkan apabila hal itu baik dan menguntungkan bagi dia atau orang lain, ia akan segera melakukannya.

Saat ini masih ada beberapa orang yang mudah untuk dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan yang bersifat menyimpang. Padahal ia tau bahwa hal tersebut salah, hanya saja, ada orang dekat yang suka mempengaruhinya, sehingga hal yang tadinya disangka salah menjadi benar.

Oleh karena itu, si anak harus memiliki pengetahuan serta keberanian dalam mengambil keputusan. Karena sekarang banyak yang judulnya teman, tapi malah menjerumuskan. Dengan bantuan pengetahuan agama, mungkin hal tersebut kecil terjadinya.

Sopan dan santun

Manfaat lainnya dari mendidik anak sejak dini adalah, si anak memiliki rasa sopan santun. Ya, sikap seperti ini akan tumbuh bila mana anak mendapat pendidikan dan pengetahuan agama. Mereka jadi mengetahui cara berkomunikasi dengan orang dewasa. 

Bahasa yang mereka lontarkan pun enak untuk didengar. Biasanya, apabila manfaat ini sudah dirasakan, si anak akan lebih mudah untuk menyapa orang lain terutama bila berpapasan di jalanan. Sikap murah senyum pun akan terlihat dan terpancar dari dirinya.

Suka menolong

Agama mengajarkan semua orang untuk saling tolong menolong. Dalam kategori ini, si anak akan memiliki rasa iba apabila ia melihat sesuatu yang mengetuk pintu hatinya untuk menolong. Ia memiliki akan hati yang baik, memiliki rasa kasihan dan ingin menolong.

Tentunya, orang tua ingin sekali kalau anaknya itu menjadi atau memiliki pribadi yang suka tolong menolong. Karena, kita ini semua makhluk sosial, yang mana saling membutuhkan satu sama lain.  

Memiliki rasa hormat/menghargai

Sikap menghargai dan menghormati masuk sebagai manfaat yang dirasakan apabila orang tua mendidik anaknya dengan pengetahuan agama. Sikap ini tentulah harus dimiliki sejak dini. Karena, saat ini banyak sekali anak-anak yang tidak memiliki rasa hormat.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah, ia tidak dibekali pengetahuan agama. Sehingga membuat ia tidak mengetahui hal seperti apa yang baik dan tidak baik. Menghargai sesama merupakan hal yang indah. Apalagi hal tersebut dapat membuat kita memiliki teman yang banyak dan menjalani hidup dengan nyaman.

Selalu sabar dalam menghadapi cobaan

Sikap sabar akan dimiliki oleh orang-orang yang mengetahui ilmu agama. Mereka akan berfikir bahwa semua ujian yang mereka rasakan didunia ada hikmahnya atau ada alasannya. Baik itu yang bersifat menegur atau tidak.

Sabar merupakan salah satu sifat yang harus ditanam dan dipupuk sejak dini. Karena banyak sekali manfaat yang akan dirasakan apabila kita semua memiliki rasa sabar. Karena ini sangat penting, maka dari itu, tanamkanlah kepada si anak dari kecil.

Insya Allah mereka akan menjadi orang-orang yang bahagia menjalani kehidupan didunia ini. Sabar akan membawa keberkahan, karena disana tidak ada rasa ingin memiliki yang berlebihan. Tetapi cukup mensyukuri apa yang dimiliki.  

Berbicara mengenai membekali anak dengan agama tentu tidak akan pernah habis. Karena semua informasi yang dibutuhkan ada disana. Dari hal yang baik, dan hal yang tidak boleh untuk kita lakukan. Semua sudah ada takarannya.

Sekarang, hanya tinggal pada diri kita sendiri, apakah kita akan membiarkan generasi kita menjadi tidak beraturan? atau membuatnya menjadi generasi yang dapat membanggakan orang tua ataupun sesama?.

Pastinya kamu tau apa yang harus kamu pilih.

Mungkin saat ini saya hanya bisa share sedikit tentang manfaat membekali anak dengan pengetahuan agama. Mudah-mudahan saya bisa membagikan beberapa informasi penting lainnya dilain waktu. Apabila tulisan saya masih banyak kekurangan, saya mempersilahkan bagi yang ingin berpendapat, bisa tulis di kolom komentar yang telah disediakan.

0 Response to "Manfaat Mendidik Anak Dengan Pengetahuan Agama Sejak Dini"

Post a Comment