Sunday, 3 June 2018

Cara Mudah Membuat Aplikasi Andorid Tanpa Koding Dengan 5 Open Source yang Wajib Kamu Coba!



Ketika kita berbicara tentang teknologi, maka android akan segera muncul di benak kita, dan kita tahu bahwa platform android berkembang pesat di seluruh dunia. Beberapa ponsel yang diperbarui hadir dengan platform android. Lebih dari 700 ribu aplikasi untuk lebih dari 500 perangkat dibanjiri oleh pasar android. 

Bertujuan agar android lebih populer, aplikasi android bisa didapatkan secara gratis untuk semua orang. Pengguna android dapat mengunduhnya dari berbagai macam situs web yang tersedia. Jutaan aplikasi gratis telah diunduh setiap hari oleh pengguna android.

Pernahkah kamu berpikir jika kamu bisa mendapat kesempatan untuk membuat atau mengembangkan suatu aplikasi android dengan cara kamu sendiri?. Menurut saya itu sangat bisa karena saat ini kita hidup dijaman yang perkembangan teknologinya sudah terbilang mumpuni.

Apabila kamu ingin memulainya, disini saya akan memberikan sedikit bocoran tentang beberapa layanan online yang dapat kamu gunakan atau membantu kamu dalam membuat aplikasi impian kamu. Cara ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, karena semuanya sudah dibungkus secara efisien dan efektif. 

1. AppsGeyser

Appsgeyser merupakan salah satu layanan atau penyedia yang dapat membantu kamu untuk membangun aplikasi impianmu. Disini kamu bisa membuat aplikasi serta game yang kamu mau. Selain itu juga, bagi kamu yang tidak bisa pengkodean seperti PHP, Java dan lainnya, jangan khawatir, karena disini kamu hanya perlu edit-edit saja sesuai selera. 

Sudah banyak sekali mereka yang sukses meraup keuntungan dengan menggunakan layanan dari Appgeyser ini. Terbukti bahwa ada sekitar 1.951.275.140 aplikasi yang terinstal, 7.230.624 aplikasi yang dibuat dan 186.636.783.330 iklan yang ditayangkan.

Saya pernah membuat salah satu game teka-teki menggunakan layanan ini. Dan hasilnya pun direspon positif saat saya membagikannya di media sosial. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan layanan ini, segeralah coba, semua sangat mudah dan simpel.

Hanya dengan membutuhkan waktu sekitar 5 menit, aplikasi yang kamu buat bisa kamu download dan bagikan kepada rekan atau teman-temanmu.

2. Andromo

Andromo memberi kamu platform luar biasa untuk membuat suatu aplikasi profesional impianmu. Semua jenis bisnis dapat dipromosikan, bahkan dapat digunakan untuk mendiskusikan proyek baru. Sangat sedikit sekali klik mouse yang kamu lakukan dalam menggunakan layanan ini untuk membuat aplikasi.

Serta menghasilkan uang dengan cara menambahkan iklan ke aplikasi tersebut. Aplikasi dapat berisi galeri foto interaktif, berita / blog, peta, situs web seluler, video youtube, dan banyak lagi. Kamu dapat menghasilkan uang dengan menjual aplikasi yang kamu buat ke Play Store menggunakan andromo.

3. Quickappninja

Quickappninja merupakan salah satu penyedia untuk membuat suatu aplikasi khususnya game yang saya sukai. Disini kamu akan menemukan beberapa macam tema game klasik. Banyak sekali tema game yang akan membuat kamu kebingungan untuk memilih mana yang akan kamu pilih.

Selain itu juga, kamu dapat mengontrol semua fitur yang ada pada aplikasi yang kamu buat dengan mudah. Tidak ada yang namanya pengkodean, semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan klik. Sangat mudah bukan?.

Membuat aplikasi khususnya game klasik menurut saya quickappninja adalah salah satu yang harus kamu coba. Fitur yang banyak serta pilihan dari mulai warna dan logo bisa kamu atur semudah membalikan tangan.

4. Thunkable

Thunkable merupakan layanan gratis untuk membuat suatu aplikasi baik itu android maupun ios. Dalam fiturnya , thunkable cukup mumpuni apabila disandingkan dengan beberapa layanan lainnya. Karena, disini kamu tidak hanya membuat suatu desain, melainkan juga harus menghubungkannya.

Thunkable ini sangatlah menarik, dengan beragamnya menu fitur yang dapat kamu temukan, juga ada kesulitan tersendiri dalam membuat aplikasinya. Apabila kamu sudah mulai masuk dan membuat desain aplikasi yang kamu inginkan, selainjutnya kamu tinggal membuat block nya.

Tentu ini memerlukan pengetahuan yang tidak sedikit, karena block inilah yang akan membuat aplikasi yang kamu buat itu berjalan dengan lancar atau tidak. Jadi, untuk yang menginginkan aplikasi yang lebih meningkat kinerjanya, kamu bisa memakai thunkable.

Tetapi kamu juga harus selalu cek tentang blocknya, karena apabila di desain aplikasinya sudah sesuai, akan tetapi didalam blocknya masih kosong, itu akan berakibat pada tidak bekerjanya aplikasi yang kamu buat.

5. Makeroid

Sama halnya dengan penyedia lainnya, makeroid tampil dengan segala fitur yang membuat aplikasi yang kamu buat lebih elegan. Ini merupakan salah satu penyedia yang saya gunakan saat pertama kali saya membuat suatu aplikasi.

Hanya saja, saat ini makeroid sendiri sedang melakukan maintenance untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan. Tapi jangan sedih, soalnya, makeroid akan hadir dalam 17 Hari 22 Jam lagi. Seandainya ingin cek saat launch nya, kamu bisa lihat di web berikut :

https://builder.makeroid.io/

Makeroid juga seperti halnya thunkable yang memiliki tingkat kesulitan yang sama yaitu mengatur blocknya. Tetapi, saya jamin aplikasi kalian akan terlihat keren dan berbeda dari penyedia lainnya yang ada di internet.

Itulah 5 website yang dapat membantu kamu membuat aplikasi yang kamu inginkan secara gratis dan tanpa pengkodean. Semua penyedia tentu saja memiliki kelebihan serta kelemahan tersendiri. Jadi, saatnya kamu eksplorasi sendiri dan pilih yang mana yang menurut kamu cocok dengan keahlian kamu dalam hal mendesain.

Semoga artikel ini dapat membantu bagi kamu yang sedang ingin membuat aplikasi tanpa coding. Apabila ada kekurangan mohon dimaklum. Saya hanya membeberkan informasi sesuai apa yang saya ketahui dan rasakan sendiri.  


EmoticonEmoticon