Sunday, 3 June 2018

5 Alasan Mengapa Komputer Kamu Menjadi Lambat

cara mengatasi laptop lambat

Cara mengatasi kinerja laptop lambat - Kamu mungkin sering melakukan sejumlah hal dengan komputer kamu, seperti mengunduh program, menjelajah web, memasang ekstensi, membuat data dan folder di hard drive. Akhirnya, kamu membangun debu virtual yang pada gilirannya akan berdampak pada kinerja keseluruhan pc kamu. Sehingga program menjadi lebih lambat. 

Nah, ada kabar baik!. Dampak tersebut ternyata dapat dikurangi dengan kebiasaan kebersihan komputer yang lebih baik seperti ini.

1. Browser kamu memiliki banyak add-on

Add-on browser ternyata menjadi salah satu yang menyebabkan pc kamu berjalan dengan lambat. Add-on browser internet diam-diam dipaketkan dan diunduh dengan perangkat lunak dari internet. Ini biasanya dikenal dengan sebutan pemblokir pop-up.

Tetapi sebenarnya mereka yang menggerogoti memori komputer kamu serta membuat kinerja komputer kamu menurun. Perbaiki itu dengan cara menonaktifkan atau menghapus perluasan dan bilah alat browser (toolbars), yang berlebihan. 

2. Komputer kamu menjalankan beberapa program pada saat yang bersamaan 

Masalah lain yang menyebabkan komputer kamu memiliki kinerja yang lambat adalah karena kamu sering melakukan atau membuka jendela program disaat yang bersamaan. Karena bisa saja ada beberapa program aktif yang membakar memori program lain, sehingga membuat sistem kamu bisa berjalan dengan lambat.

Untuk memperbaiki hal itu, hanya dengan tidak membiarkan banyak jendela terbuka atau aktif pada saat yang bersamaan.

3. Program Rogue 

Program Rogue adalah aplikasi yang terperangkap dalam satu lingkaran atau mengalami kesalahan di latar belakang, tanpa sepengetahuan kamu. Perbaikilah dengan membuka task manajer (Clt + Alt + Del) dan tekan pada processes untuk melihat berapa banyak daya yang sedang diambil oleh suatu program.

Jika ada program yang umumnya tidak kamu pakai, dan itu mengambil bagian terbesar dari kinerja CPU, hentikanlah.

4. Terlalu banyak program start-up 

Saat kamu mengunduh suatu program atau suatu apikasi baru, sering kali kamu menemukan aplikasi tersebut secara otomatis ingin menetapkan dirinya untuk dapat berjalan secara bebas saat sistem dinyalakan. Jika kamu gagal untuk tidak mencentang kotak itu saat instalasi atau nanti di pengaturan, itu bisa saja memakan memori komputer/laptop kamu setiap kali dinyalakan.

Selain itu juga, ternyata banyaknya ikon di desktop juga kadang-kadang bisa menjadi salah satu faktor yang dapat memperlambat suatu sistem komputer/laptop. Perbaiki permasalahan tersebut dengan menonaktifkan program-program yang tidak diperlukan.

5. Hard disk kamu sudah penuh 

Ruang hard drive sering diisi dengan program yang tidak diinginkan, tidak terpakai, pembaruan, unduhan, dan file terkait dari program yang dihapus. Dan inilah yang dapat menyebabkan atau mempengaruhi percepatan pada kinerja komputer atau laptop kamu.

Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan komputer atau laptop kamu dengan cara menghapus data yang tidak terpakai. Juga bisa dengan cara memindahkan cadangan sistem dan seterusnya ke hard drive eksternal.

Hapus data temp dari waktu ke waktu. Ini akan mengoptimalkan ruang disk secara substansial. Memperbaiki komputer atau laptop saat ini bukanlah hal yang besar. Ada banyak dukungan teknis online yang tersedia yang dapat kamu temukan.

Jadi, apabila kamu menemukan suatu kendala tentang komputer atau laptop kamu, kamu bisa mengatasinya dengan mencari tau informasi terlebih dahulu di internet. Seandainya kamu tidak menemukan solusi yang tepat, saya sarankan kamu pergi ke toko service yang tersedia dan terpercaya didekatmu.


EmoticonEmoticon