Monday, 14 May 2018

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Menjadi Seorang Guide di Museum



Tugas Guide Museum

Menjadi seorang guide merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi saya. Disana saya dapat berbagi informasi serta pendapat dengan orang lain. Selain itu, saya jadi mengenal beberapa karakter orang-orang saat berkunjung ke suatu museum. 

Saya pernah menjadi seorang guide di salah satu museum di Kota Bandung. Mungkin kalian tau tentang Museum Geologi bukan?, ya, disana sangat banyak terdapat berbagai macam fosil mulai dari tumbuhan, hewan, batuan hingga manusia.

Hal yang pertama yang saya dapatkan menjadi seorang guide adalah saya lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain, kepercayaan diri lebih meningkat dan mendapatkan beberapa kenalan.

Lalu, seperti apa sih tugas menjadi seorang guide di Museum Geologi itu;

Memberikan informasi kepada para pengunjung


Tugas pertama seorang guide tentu saja memberikan suatu informasi yang berhubungan dengan benda-benda yang berada di museum. Seperti halnya saya menjadi guide di Musem Gologi pada ruang peragaan Sejarah Kehidupan. 

Disana saya diharuskan untuk menjelaskan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di zaman purba seperti halnya dinosaurus. Saya tidak menjelaskan secara rinci, karena akan lebih efektif menjelaskan poin inti dari informasi tersebut, nah, sisanya biar pengunjung yang melihat ke papan informasi yang tersedia. 

Dalam tugas ini, apabila ada pengunjung yang bertanya tapi kamu tidak tahu jawabannya, lebih baik kamu tanyakan kepada pemandu yang lain, jangan sampai kamu memberikan informasi yang salah kepada pengunjung. Karena itu akan membuat kredibilitas kamu sebagai pemandu berkurang.

Mengatur arus lalu lintas rombongan/pengunjung

Selain menjadi pusat informasi pengunjung, guide juga memiliki fungsi untuk mengatur arus jalannya lalu lintas para rombongan. Ini diharuskan karena takutnya ada perbenturan rombongan, yang dapat mengakibatkan penumpukkan disatu titik. 

Kamu harus pandai untuk mengatur rute rombongan, dan usahakan jangan sampai dalam satu ruangan melebihi kapasitasnya. Kemudian, apabila kamu menemukan rombongan yang baru datang, kamu harus dapat membuat rombongan tersebut teratur, seperti halnya berbaris untuk mendapatkan tiket. 

Seperti layaknya seorang polisi yang mengatur jalanan. Nah, guide pun memiliki tugas seperti itu, walaupun di dalam ruangan.

Menjaga kenyamanan para rombongan/pengunjung

Kenyaman dan keselamatan pengunjung semua merupakan tugas dari seorang guide. Karena guide lah yang selalu ada disamping rombongan, dan guide juga yang mengatur rute para rombongan. Sepeti halnya, ada pengunjung yang saat tur memiliki suatu permasalahan dengan dirinya seperti penyakit.

Dalam kondisi tersebut, kamu sebagai seorang guide berhak tau dan harus membuatnya lebih nyaman, mungkin dengan cara membawanya keruang perawatan untuk diberikan obat dan mereda penyakitnya. Pokoknya, guide merupakan orang yang harus membantu apabila ada pengunjung rombongan yang kesulitan.

Bersikap menyenangkan


Kita menjadi pusat perhatian dari rombongan pengunjung, oleh sebab itu kita harus bersikap menyenangkan. Ya, itu sangatlah diperlukan, karena kitalah yang harus membuat rombongan kita menjadi bahagia.

Sikap kita haruslah bersifat friendly, walaupun baru pertama kali bertemu, tapi, sikap friendly ini harus dimiliki oleh seorang guide. Guide yang memiliki watak menyenangkan dan murah senyum akan lebih menyenangkan untuk memandu rombongan.

Rombongan pun akan merasa senang karena guide yang mendampinginya penuh dengan keceriaan dan candaan. Saya pun demikian, saat pertama kali memandu rombongan memang merasa gugup, akan tetapi, rasa gugup hilang saat kita sudah mulai terbiasa.

Dengan sikap yang menyenangkan, para rombongan tidak akan sungkan apabila ada pertanyaan atau sesuatu hal yang ingin ditanyakan. Jangan menjadi guide yang mahal senyum, karena, rombongan akan merasa tidak nyaman untuk berkeliling ruangan.

Energik, bersih dan wangi

Sebagai seorang guide, penampilan kita haruslah selalu energik, bersemangat untuk menemani para romobongan hingga akhir. Selain itu, hal yang harus diperhatikan oleh seorang guide adalah bersih dan wangi. Tentunya kita harus wangi dan bersih, karena kitalah pusat perhatian rombongan.

Dengan begitu, rombongan akan merasa nyaman karena dipandu oleh seseorang yang wangi dan bersih.

Kesimpulan

Menjadi seorang guide merupakan hal yang sangat bermanfaat dan menyenangkan. Saya sangat bersyukur bisa merasakan hal tersebut, karena itu membuat kepercayaan diri saya meningkat dan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Apabila kamu ingin menjadi seorang guide, kamu harus mencoba beberapa hal yang tadi dijelaskan. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan mungkin kamu akan tertarik untuk menjadi seorang tour guide. 


EmoticonEmoticon