Sunday, 27 May 2018

Cara Efektif Menulis Cerpen Agar Dibaca Semua Orang

Menulis Cerpen - Apabila kamu hobi menulis suatu cerita, seperti khalayaknya cerpen atau cerita pendek, tentu kamu memiliki keinginan bukan, kalau cerpen yang kamu buat dapat dilihat dan dibaca semua orang. Terkadang hal tersebut memang menjadi impian bagi penulis cerpen. Tapi ternyata, itu tidak semudah yang diperkirakan.

Tahapan membuat suatu cerpen tentu sangat berbeda dengan membuat suatu artikel atau novel. Cerpen memiliki karakteristik tersendiri, baik dibagian pembuka, plot, klimaks, dan hingga solusi atau manfaat. 

Bagi yang baru ingin menulis atau membuat suatu cerpen, akan lebih baik kalau kamu mengikuti beberapa langkah cerdas ini dalam membuat cerpen agar dapat dilihat dan dibaca banyak orang. 

Cara Efektif Menulis Cerpen

1. Tentukan tema

Tema merupakan salah satu bagian dari cerita yang harus jelas. Ingat, bahwa tema ini bukan suatu judul ya. Tema ini merupakan cakupan keseluruhan, sedangkan judul merupakan tema yang dikerucutkan. 

Misalnya kamu akan membuat cerpen dengan tema teknologi. Kemudian kamu mengambil judul, "Teknologi yang membuat si Doni lupa waktu hingga mendapat azab".  Kamu akan menemukan perbedaan bukan, yang mana tema dan judul. 

Buatlah tema yang sedang hangat saat ini. Seperti tentang pesta demokrasi yang nanti akan terselenggara atau juga piala dunia. Ambilah poin penting yang menurut kamu akan bagus bila diangkat kedalam suatu cerpen. 

Boleh juga kamu membuat tema tentang bulan puasa. Karena akan banyak sekali cerita yang seru untuk diangkat kedalam suatu cerpen. Intinya, pengambilan tema haruslah pas dan sesuai dengan target yang akan kamu capai. 

2. Pengambilan judul

Judul sangatlah menjadi pintu masuk bagi orang-orang untuk dapat melihat dan membaca hasil karya cerpen yang kamu tulis. Apabila kamu mengabaikan ini, kemungkinan besar, cerpen yang kamu tulis tidak akan pernah dibaca oleh orang lain. Dalam artian, kamu menulis hanya untuk diri sendiri.

Buatlah atau ambilah judul yang dapat membuat orang pensaran dengan cerita yang kamu tulis. Akan tetapi, jangan sesekali membuat judul dengan menempatkan kata kasar dan juga hoax atau isu yang menyebabkan pertentangan pada suatu cerpen yang kamu buat. 

Pengambilan suatu judul memang harus hati-hati, karena apabila kamu salah dalam pengambilan judul, itu akan membuat daya tarik dari isi cerpen kamu menjadi berkurang atau memiliki daya nilai baca yang sedikit. 

3. Tokoh

Cerpen sangat terkenal dengan tokoh-tokohnya yang lucu dan seru. Ya, disanalah cepren mendapatkan nilai yang tinggi. Pembuatan tokoh sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya baca yang tinggi. Setiap tokoh harus dibuat dengan sejelas dan sedetail mungkin. 

Mengapa tokoh sangatlah penting?, karena merekalah yang menjadi peran penting dalam suatu cerita. Tanpa adanya tokoh, semua cerita akan menjadi hambar. Buatlah tokoh dalam cerita yang kamu buat itu menjadi hal yang paling diingat oleh pembaca.

Jadi, setiap orang lain mengingat tokoh tersebut, pasti orang lain akan mengingat cerita atau cerpen yang kamu tulis. 

Tokoh sangat berguna sekali untuk meningkatkan popularitas cerita yang kamu tulis. Disana tokoh menjadi artisnya, sedangkan kamu menjadi seorang manajernya.

Buatlah watak tokohmu menjadi sesuatu yang orang lain harapkan. Seperti halnya bermuka dua. Ya, penokohan seperti itu sangat dapat membuat ceritamu menjadi seru dan lebih asyik untuk dibaca oleh semua kalangan. 

4. Alur

Alur adalah jalannya suatu cerita yang dapat membuat pembaca menjadi ketagihan. Ya, dengan memiliki alur yang pas, pembaca tidak akan pernah merasa bosan untuk membaca. Untuk standar suatu cerpen biasanya;
  • Perkenalan
  • Pemunculan Masalah
  • Menuju Konflik 
  • Ketegangan 
  • Penyelesaian

Untuk penggunaan alur, kamu juga harus dapat mengetahui tentang alur maju, alur mundur dan alur campuran. 

5. Penulisan

Gaya penulisan suatu cerpen jangan terlalu formal. Cerpen merupakan bacaan ringan yang bertujuan untuk membuat pembacanya senang dan merasa bahagia. Jadi, gunakanlah bahasa yang biasa-biasa saja seperti halnya berbicara dengan teman.

Penulisan ini juga tentu harus sesuai dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Seperti tanda koma, tanda titik, seru dan tanya. Semuanya harus sesuai pada tempatnya. Mengapa sangat penting?, agar pembaca lebih mengerti tentang ceritanya. 

Penulisan cerpen jangan terlalu panjang. Karena membuat mata pembaca menjadi malas untuk membukanya apalagi untuk membacanya. Buatlah jarak disetiap 3 baris kalimat cerpen yang kamu tulis. Itu akan memudahkan pembaca untuk mengetahui ceritanya. 

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan dalam tahapan membuat suatu cerpen agar dapat dibaca semua orang. Apabila ada kesalahan mohon dimaklumi, karena saya juga manusia yang tidak mengetahui segala hal. 

Apabila kamu ada pertanyaan atau masukan, kamu bisa isi kolom komentar yang ada dibawah ini.
Semua orang tentu memiliki bakat tersendiri, apabila bakatmu dari segi menulis, maka tulislah apa yang kamu bisa


EmoticonEmoticon